Senin, 04 Januari 2010

Perbedaan Penyu Dan Kura-Kura

Selama ini saya suka bingung untuk penggunaan kata penyu dan kura-kura. Setelah jalan-jalan iseng ke sea world kini saya tau perbedaan antara penyu dan kura-kura.

PENYU

KURA-KURA


Penyu vs. Kura-kura
  • Penyu merupakan hewan laut, yang banyak menghabiskan masa hidupnya di air asin. Penyu pergi ke darat ketika dia ingin bertelur (yaitu tempat dimana dia dahulu menetas). Sedangkan kura-kura lebih banyak menghabiskan waktunya di air tawar atau daratan.
  • Penyu tidak memiliki kuku seperti kura-kura yang digunakan untuk membantunya makan dan berjalan di darat. Tangan dan kaki penyu merupakan sisik yang membatunya untuk berenang di lautan.
  • Penyu tidak dapat memasukan kepalanya kedalam tempurungya (untuk penyu biasanya digunakan istilah karapas), berbeda dengan kura-kura yang dapat memasukan kepalanya ke dalam tempurung yang berguna untuk melindunginya dari predator.
Dan kalau ditanya bahasa inggrisnya, maka saya akan membedakan antara penyu dan kura-kura. Jika penyu saya menggunakan istilah sea turtle sedangkan untuk kura-kura hanya turtle. hhee... :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar